Selasa, 19 Juli 2011

PERANGKAT LUNAK APLIKASI



PERAN PERANGKAT LUNAK
Komputer sebagai perangkat keras (Hardware) tidak dapat melakukan tugas user tanpa didukung oleh perangkat lunak (Software). Perangkat lunak adalah program. Program itu sendiri adalah deretan instruksi dengan perintah-perintah tertentu yang digunakan untuk mengendalikan komputer, sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
Program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misal Microsoft) ataupun perseorangan yang mampu membuat program.

PENGELOMPOKKAN PERANGKAT LUNAK
Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dibagi menjadi 2 golongan, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem (system software atau support software) adalah program yang biasa dipakai untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat internal (CPU, RAM dli) maupun eksternal (Printer dll.). Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Contoh perangkat lunak sistem adalah sistem operasi, Utilitas, Device Driver, dan penerjemah bahasa (Compiler/Interpreter).

-Sistem Operasi adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan sistem komputer. Windows, Linux, Unix, OS/2 adalah contoh sistem operasi.
-Utilitas adalah program yang dipakai secara langsung oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian atau pengalokasian sumber daya dalam sistem komputer. Scandisk, Defragmenter adalah contoh Utilitas.
-Device Driver adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral. Contoh Installer printer, Scanner dll.
-Penterjemah bahasa (language translator) adalah program yang menterjemahkan program yang dibuat oleh pemrogram menjadi bentuk yang dapat dijalankan oleh komputer secara langsung. Contoh Compiler Cobol, Pascal dll.

Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (application software) adalah program yang biasa dipakai oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau spesifik, misal untuk membuat dokumen, memanipulasi gambar/foto, atau membuat laporan.

Ada pakar yang membagi perangkat lunak menjadi beberapa jenis, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Program, Program Aplikasi, Program Utiliti, dan Games, (penulis)
Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, domain-publik, shareware, freeware, dan rentalware. Pada perkembangan terakhir, terdapat perangkat lunak free software dan open source.

0 komentar:

Posting Komentar

Anggota

arsip

 

Mahasiswa IT STMIK - Tegal. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com