Selasa, 19 Juli 2011

MULTIMEDIA


Multimedia adalah interaksi antara teks, suara, gambar, animasi dan video (Perry, 1994). Secara harafiah, multimedia berarti "beberapa/banyak media". Dengan memakai multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media. Anda bisa melihat informasi pada layar baik berupa teks ataupun gambar/video dan suara lewat speaker sekaligus pada waktu bersamaan.

Aplikasi Multimedia
Macam multimedia adalah :
-Macromedia (Dreamweaver, untuk editor PHP/HTML) dan Flash untuk Animasi)
-Windows Movie Maker, Adobe Premire (untuk editing video) ,
-Netmeeting, Yahoo Messenger (untuk teleconference)
-Dll

Kebutuhan Perangkat Lunak
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara (sound card), speaker, dan mikropon.

Elemen Multimedia
Elemen multimedia meliputi : Teks, Suara, Gambar statis, Animasi (Gambar dinamis), dan Video (Gambar Hidup)
1.Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai font maupun ukuran.
2.Suara
Suara merupakan media ampuh untuk menyajkan informasi tertentu, misal untuk memperdengarkan cara melafalkan kata, musik dtl. suara pada computer disimpan dengan berbagai format, seperti : MIDI (.mid), MP3 (.mp3), WAVE (.wav) dll
3.Gambar Statis
Kata Pepatah, "Gambar mewakili seribu kata". Hal ini mencermikan bahwa sebuah gambar seringkali dapat lebih berarti bagi seseorang daripada sejumlah kata. Umumnya gambar disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpan eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada 2 teknik yang dikenakan, yaitu pertama dinamakan teknik lossless, yaitu suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya, dan kedua adalah teknik lossy, yaitu suatu teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan berbeda dengan gambar aslinya, tetapi tidak kelihatan oleh mata manusia. Format gambar pada komputer diantaranya : BMP (.bmp), GIF (.gif), JPG (jpg) dll. contoh software yang biasa digunakan adalah Adobe Photoshop, Paint dll.
4.Animasi
Animasi adalah teknik untuk membuat gambar bergerak. Berbagai teknik animasi telah diciptakan, diantaranya membuat sejumlah gambar yang hampir sama dan ditampilkan ke layar secara bergantian.
Teknik animasi lainnya adalah morphing. Teknik ini dilakukan menggunakan konsep metamorphose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Contoh penggunaan teknik ini dapat dilihat pada video klip Michael Jackson dan film Terminator.
5.Video
Video adalah teknik menampilkan gambar hidup pada komputer. Format video pada komputer diantaranya AVI (.avi), MPEG (.mpg), DAT (.dat) dll.

Virtual Reality
Virtual Relity adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap objek nyata dengan menggunakan computer yang mampu membangkitkan suasana 3 dimensi (3D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
Peralatan yang digunakan untuk virtual reality yaitu : Glove, yaitu peranti masukkan yang dapat menangkap gerakan tangan. Headset, yaitu peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala dan Walker, yaitu peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki.

Cara kerja sistem Virtual Reality pada prinsipnya adalah :
-Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-ganibar yang bersifat dinamis.
-Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis.
-Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Aplikasi Virtual Reality sangat beragam, diantaranya :
-Arsitektur : perancangan gedung
-Penerbangan : pelatihan (pilot, astronot, pengemudi)
-Militer : simulasi peperangan
-Kedokteran : pelatihan pembedahan, terapi fisik
-Penelitian/Pendidikan : studi tentang topan, konfigurasi galaksi
-Hiburan : permainan 3 dimensi, simulasi pertempuran
(udara, darat, laut)

Berbagai Aplikasi diantaranya :
-Chrysler, perusahaan otomotif di AS, menggunakan sistem Virtual Reality dalam proses perancangan mobil, dengan cara seorang penguji mengenakan headset yang dihubungkan ke sebuah supercomputer, memegang kemudi mobil, mengamati keadaan dalam dan luar mobil.
-Volvo menerapkan sistem virtual reality untuk menguji kecelakaan mobil secara virtual

Efek Negatif
Virtual reality selain mempunyai keunggulan, juga mempunyai efek negative terhadap pemakainya. Orang-orang yang terlibat dalam penggunaan sistem ini kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness. Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Juga orang tersebut secara psikologis masih terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh Virtual Reality walaupun ia sudah ke dunia nyata.

0 komentar:

Posting Komentar

Anggota

arsip

 

Mahasiswa IT STMIK - Tegal. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com