Selasa, 19 Juli 2011

DASAR SISTEM KOMPUTER



Dari Bit ke Infornasi
Sejak diciptakan pertama kali, komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.
Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti :
1. huruf, A s/d Z;
2. digit, 0 s/d 9;
3. karakter khusus, +, &, dan lain-lain.
Sebuah karakter dinyatakan dengan 8 bit ataupun 16 bit

Satuan Data
Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer di atas satuan ini terdapat berbagai satuan lain, yakni berupa byte, megabyte, gigabyte, dan petabyte. Selain berbagai istilah yang menggunakan istilah byte, kadangkala dijumpai istilah yang menggunakan bit seperti megabit. Penggunaan istilah ini biasanya dikaitkan dengan "per ", misalnya, 10 megabit per detik atau sering ditulis dengan 10 Mbps (megabit per second). Megabit berarti 1 .000.000 bit.

Satuan Waktu dan Frekuensi
Bagi manusia 1 detik merupakan waktu yang sangat cepat, tetapi tidak bagi komputer. kecepatan komputer dalam memproses sebuah data sangatlah tinggi. Order waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh di bawah 1 detik. Itulah sebabnya terdapat beberapa satuan waktu yang perlu diketahui, yaitu milisecond, ( microsecond, nanosecond, dan picosecond)
Satuan lain yang banyak digunakan oleh komputer adalah satuan untuk frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz. Frekuensi berarti jumlah siklus dalam 1 detik. 1 Hertz berarti bahwa dalam satu detik terbentuk sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar yaitu kilohertz dan megahertz. 1 kilohertz (KHz) - 1 .000 hertz (Hz) dan 1 megahertz (MHz)=l. 000 kilohertz.

0 komentar:

Posting Komentar

Anggota

arsip

 

Mahasiswa IT STMIK - Tegal. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com