Kamis, 28 Juli 2011

ANTENA GRID BIKINAN SENDIRI


Tanpa di rencanakan, tiba2 kepikiran jg mau coba2 bikin antena grid tp pake usb wifi, apalagi semua bahan sepertinya udh tersedia dirumah gw, dari plat alumunium (bekas sekat bikin kamar), kawat nyamuk (sisa masang sekat dijendela), baut + mur (pake sisa bekas kalender jg bisa), plus USB Wifi TP-Link TL-WN321G (ini emang gw udh punya), sekalian nyoba2 buat nembak hotspot di deket daerah rumah gw yang jaraknya kira2 sekitar 1Km - 1,5Km, soalnya gw 
udh coba nembak pake wajanbolic tp signalnya kurang stabil sering putus2.
Pertama mau bikin agak repot jg nih, kalo gak salah kan harus pake hitung2an rumus nya, terutama buat nentuin jarak titik fokus nya untuk nentuin letak usb wifi nya. namanya jg coba2, langsung aja gw kerjain tanpa mikirin titk fokus n hitung2 an rumus nya.

Pertama-tama, gw tekuk plat alumunium sampai melengkung, semua plat gw tekuk sampe sama, trus tinggal di bor buat dipasang baut+mur nya, trus pasangin deh kawat nyamuknya. Waktu nentuin titik fokus buat naroh usb wifi nya gw cuma pake perkiraan aja, gak ambil pusing hehehehe, gw bikin antena ini kalo dikerjain seharian jg selesai sih, tp cape lha, jd gw kerjain selama 2 hari doang. cuma yang masih gw bingung nih kalo hujan, soalnya usb wifinya sementara cuma gw tutupin pake plastik, bingung mau ngakalin pake apa, gw coba pake bekas botol plastik aqua tp kayaknya mengganggu signal wifinya tuh setelah gw cek pake network stumbler.

Sori bro gw cuma ada foto antena nya yang udah jadi n udah dipasang di atas genteng, karena sebelum nya gak kepikiran mau di share di bLOG ni gak ketinggalan jg screenshot dari network stumbler. Signal sampai saat ini masih stabil, n gak putus2. Mudah2an aja bisa bermanfaat nih infonya, yang berkenan GRP & THANKs nya jg boleh...

source :


2 komentar:

Unknown on 4 Januari 2016 pukul 17.30 mengatakan...

Assalamu'alaikum
boleh minta tutorial nya engga?

herisuryadi on 30 November 2016 pukul 21.40 mengatakan...

ukuran lebar sama panjangnya berapa mas.?

Posting Komentar

Anggota

arsip

 

Mahasiswa IT STMIK - Tegal. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com