Selasa, 19 Juli 2011

TELEKOMUNIKASI


Peranan Telekomunikasi
Teknologi telekomunikasi atau teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi inilah yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau menerima informasi kea tau dari pihak lain yang letaknya berjauhan. Teknologi ini membuat jarak seperti tak ada lagi. Ratusan atau bahkan ribuan kilometer bukanlah hambatan untuk berkomunikasi secara on-line karena kehadirannya.

Sejauh ini teknologi telekomunikasi telah melahirkan berbagai aplikasi, antara lain Internet Banking, belanja online (e-commerce), bisnis online (e-bussines) dan pembeiajaran jarak jauh (e-learning), ATM, Telekonferensi, Telecommuting, Komputasi Grup Kerja (workgroup computing- Netmeeting/YM), EDI (Electronic Data Interchange). Selain itu komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang berkenaan dengan perpindahan data/informasi dalam bentuk digital dari satu piranti ke piranti lain.

Mengenal Jenis Isyarat
Dasar si stem telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat yang mengalir dari satu tempal ke tempat lain dapat berbentuk analog atau digital.


Transmisi Serial dan Paralel
Transmisi data dibedakan menjadi 2 macam, yaitu serial dan parallel. Pada Transmisi serial, setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan atau bit-bit dikirimkan secara bergantian, satu per satu. Contoh mode transmisi serial adalah hubungan komputer dengan modem atau printer serial. Pada transmisi parallel, sejumlah bit dikirimkan per waktu. Masing-masing bit mempunyai jalur tersendiri, maka transmisi parallel lebih cepat dari pada transmisi serial. Model transmisi parallel biasanya digunakan untuk komunikasi jarak pendek. Contoh komputer dengan printer parallel atau komunikasi data 2 buah komputer.

Konfigurasi Jalur Komunikasi
Konfigurasi jalur komunikasi, yang menentukan cara menghubungkan piranti-piranti yang hendak berkomunikasi, dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
-Titik ke titik (Point to Point), yaitu menghubungkan secara khusus dua buah piranti yang hendak berkomunikasi. Contoh : 2 buah komputer yang berhubungan dengan kabel parallel atau hubungan komputer dengan printer lewat port parallel atau serial.
-Multititik (Multipoint), yaitu hubungan sebuah jalur yang digunakan oleh sejumlah piranti yang berkomunikasi. Contoh ; Topologi Bus pada Sistem Jaringan Komputer.

Arab Transmisi
Ada 3 arah transmisi, yaitu : simplex, half-duplex, dan full-duplex
1.Simplex
menyatakan arah transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir satu arah. Contoh : Stasiun televisi, barcode.

2.Half-duplex
menyatakan hubungan dua arah yang hanya dapat dilakukan secara bergantian. Contoh : Walkie-Talkie

3.Full-duplex
menyatakan hubungan dua arab yang dapat dilakukan secara bersamaan. Contoh : telepon

0 komentar:

Posting Komentar

Anggota

arsip

 

Mahasiswa IT STMIK - Tegal. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com