Selasa, 19 Juli 2011

PERANTI MASUKAN, PIRANTI KELUARAN & PENYIMPAN EKSTERNAL



PERANTI MASUKAN
Peranti Masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yaiig memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Dalam hal ini data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video, dan bahkan gerakan.


Jenis Peranti Masukan
Pengetikan Keyboard, ATM, POS (Point of Sale)


Gambar Penunjuk : Mouse, Trackball, Touchpad, Touch Screen,
Joystick, berbentuk Pena (Light Pen, Pen-based
Computer System, Digitizer)
Pengambil ada 2, yaitu :
Terformat : Bar Code Reader, Magnetic Ink Character, Optical
Mark Recognition, Optical Character Recognition Tak terformat: Image Scanner, Kamera Digital, Pembaca
Retina Mata, Pembaca Sidik Jari.
Suara Microphone, Automatic Speech Recognition, Touchtone

Video Kamera Video

Gerakan Glove, Headset, Walker

Lain-Lain Sensor, Pembaca Kartu Magnetik, Pembaca Kartu Cerdas
3.2 PERANTI KELUARAN
Peranti keluaran (output device) adalah peranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer, Berdasarkan hasil keluarannya, peranti keluaran dapat digolongkan menjadi:
1. Softcopy
2. Hardcopy
3.2.1 Jenis Peranti Keluaran
Softcopy Monitor : Cathode Ray Tube (CRT)
Flat Panel Display (LCD)
Plasma
Audio (untuk mengeluarkan suara)
Penjelasan Monitor
CRT : Monitor jenis ini saina dengan layar TV yang terbuat dari tabung hampa udara. Jadi ukurannya lebih besar dari LCD tetapi harganya tebih murah. Jenisnya : CGA, EGA, VGA, dan jenis yg terakhir adalah Super VGA.
LCD : LCD ada. yang monochrome & berwama. LCD warna rnenggunakan 2 jenis teknik untuk menghasilkan warna, yaitu passive matrix dan active matrix. LCD warna dengan passive matrix harus dilihat dengan tegak lurus. Jika dilihat dengan cara menyamping, maka tulisan/gambar pada monitor tidak akan terlihat jelas. Sedangkan LCD warna dengan active matrix dapat dilihat tegak lurus dan menyamping sama baiknya, karena adanya teknologi TFT (Thin Film Transistor).


Hardcopy Printer, Plotter, Computer Output Microfilm
Penjelasan Printer
• Impact: dot matrix, daisy wheel, line printer
Printer jenis ini juga disebut hammer, karena pencetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin/jarum ke pita.
• Thermal : untuk hasil cetakan yang eksklusif, misal utuk cetak foto, cover CD dll.
• InkJet : printer jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan dan bisa untuk cetak wama maupun hitam.
• Laser : printer jenis ini harganya relative mahal, tetapi hasil cetakannya paling bagus.
• Multifungsi : printer jenis ini merniliki beberapa fungsi, yaitu selain kemampuan untuk mencetak juga dapat beksrja sebagai mesin fotocopy. scanner bahkan ada yang dapat sebagai mesin fax.
Penjelasan Plotter
Plotter adalah peranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Alat ini sering digunakan untuk mencetak peta, garnbar-gambar arsitektur, atau ilustrasi 3 dimensi yang ukurannya besar.
Penjelasan Audio
Peranti audio dapat menghasilkan suara digital atau musik. Peranti ini memerlukan kartu suara, perangkat lunak, dan speaker. Melalui teknologi ini dimungkinkan untuk mengkonversi teks mjadi suara.

3.3 PENYIMPAN EKSTERNAL
Penyimpan eksternal (secondary storage atau external storage) adalah peranti yang dapat nienyimpan data secara permanent Data tidak hilang keu'ka komputer dimatikan. Sejauh ini terdapat bermacam-macam penyimpan eksternal.
3.3.1 Jenis Penyimpan Eksternal
 Pita Magnetik : reel tape, tape cartridge
 Hard disk : nonremoveable & removeable
 Floppy disk
 Zip disk
 Piringan optic : CD & DVD
 USB flash disk
 Smart Card : kartu perdana
 Kartu Memory (Card Memory) : MMC, SD
Beberapa penyimpan eksternal mendukung operasi baca dan tulis, seperti Harddisk. floppy disk, flash disk dll. Dan penyimpan ekstemal yang hanya bisa ditulis sekali, seperti : CD & DVD.
Peranti penyimpanan eksternal mencakup 2 (dua) bagian, yaitu media temput penyimpanan itu sendiri dan peranti untuk membaca dan menulis ke media. Peranti untuk membaca dan menulis disebut drive. Sebagai contoh, floppy disk memerlukan peranti floppy disk drive atau disk drive & CD/DVD memerlukan peranti CD/DVD Drive.

0 komentar:

Posting Komentar

Anggota

arsip

 

Mahasiswa IT STMIK - Tegal. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com